Pengertian Komunikasi
Menurut Deddy Mulyana (2008) Komunikasi adalah
suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Fungsi komunikasi sebagai komunikasi
sosial dapat mengisyaratkan bahwa komunikasi itu sangat penting untuk membangun
konsep dalam diri, untuk mengaktualisasikan diri, untuk kelangsungan hidup,
untuk memperoleh kebahagiaan, dan terhindar dari ketegangan dan tekanan antara
lain dengan melalui komunikasi yang menghibur,dan juga untuk memupuk hubungan
luas dengan orang lain.
Menurut Raymond S. Ross komunikasi
(intensional) adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan
simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna
atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
Jenis – jenis Komunikasi
Komunikasi
Menurut Penyampaiannya
- Komunikasi
Lisan
Ø
Yang terjadi secara langsung dan
tidak dibatasi oleh jarak, dimana ke dua belah pihak dapat bertatap muka.
- Komunikasi
Tertulis
Ø
Yang dilaksanakan dalam bentuk surat
dan dipergunakan untuk menyampaikan yang beritanya singkat. Jelas tetapi
dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud tertentu.
Ø
Naskah, yang biasanya dipergunakan
untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek
Ø
Blangko-blangko, yang dipergunakan
untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.
Ø
Gambar dan foto, Karena tidak dapat
dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
Ø
Spanduk, yang biasa dipergunakan
untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak.
Komunikasi
Menurut Kelangsungannya
- Komunikasi
Langsung
Proses
komunikasinya dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga
ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.
- Komunikasi
Tidak Langsung
Proses
komunikasinya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat
atau media komunikasi.
Komunikasi
Menurut Perilaku
- Komunikasi
Formal
Komunikasi
yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya
telah diatur dalam sruktur organisasinya.
- Komunikasi
Informal
Komunikasi
yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan
dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak
berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar
burung, desas-desus dan sebagainya.
- Komunikasi
Non-formal
Komunikasi
yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu
komunikasi yang bertujuan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi.
Komunikasi
Menurut Maksudnya
- Pidato
- Ceramah
- Memberi
perasaran
- Wawancara
- Memberi
perintah atau tugas
Komuniskasi
Menurut Ruang Lingkupnya
1.
Komunikasi Internal
Komunikasi internal dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
1.
Komunikasi vertikal
2.
Horizontal, dan
3.
Diagonal.
2.
Komunikasi Eksternal
Komunikasi dengan pihak luar dapat berbentuk :
1.
Eksposisi, pameran, promosi,
publikasi, dan sebagainya.
2.
Komperensi pers
3.
Siaran televise, radio, dan
sebagainnya.
4.
Bakti social, pengabdian pada
masyarakat, dan sebagainnya
Komuniskasi
Menurut Aliran Informasi
- Komunikasi
satu arah
- Komunikasi
dua arah
- Komunikasi
ke atas
- Komunikasi
ke bawah
- Komunikasi
kesamping
Komunikasi
Menurut Jaringan Kerja
Komunikasi
menurut jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi :
- Komunikasi
jaringan kerja rantai
Komunikasi
terjadi menurut saluran hirarchi organisasi dengan jaringan komando sehingga
mengikuti pola komunikasi formal.
- Komunikasi
jaringan kerja lingkaran
Komunikasi terjadi melalui saluran
komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran.
- Komunikasi
jaringan bintang
Komunikasi yang terjadi melalui satu
sentral dan saluranya yang dilalui lebih pendek.
Komunikasi
Menurut Peranan Individu
- Komunikasi
antara individu dengan individu yang lain
- Komunikasi
antara individu dengan lingkungan yang lebih luas
- Komunikasi
antara individu dengan dua kelompok atau lebih
Komunikasi
Menurut Jumlah Pelaku dalam Komunikasi Tersebut
- Komunikasi
perseorangan.
Komunikasi
yang terjadi secara perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi
tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga.
2.
Komunikasi kelompok .
Komunikasi
yang berlangsung dalam suatu kelompok atau group tentang masalah-masalah yang
menyangkut kepentingan banyak orang dalam kelompok.
Pengertian
Model Komunikasi Stimulus-Respons (S-R)
Model ini merupakan model yang paling dasar
dalam ilmu komunikasi. Model ini
dipengaruhi oleh disiplin psikologis, khususnya beraliran behavioristic
(perilaku). Model ini menunjukkan bahwa komunikasi itu sebagai suatu proses
“aksi-reaksi” yang sangat sederhana. Model ini dapat juga di katakan sebagai
hubungan timbal balik atau merespon apa yang lawan kita sampaikan. Hubungan
tersebut dapat dalam bentuk isyarat nonverbal, gambar-gambar, ataupun kontak
fisik dan tindakan yang dapat merangsang seseorang untuk merespon.
Model ini mengabaikan komunikasi sebagai
sebuah proses. Dengan kata lain, komunikasi dianggap sebagai hal yang statis. Manusia dianggap berprilaku karena kekuatan dari luar ( stimulus ),
bukan berdasarkan kehendak, keinginan, atau kemauan bebasnya.
Contoh
Model Komunikasi Stimulus-Respons (S-R)
Contoh
Positif
1. Ketika
ada seseorang yang tersenyum kepada kita, lalu kita membalas senyumannya dan
orang tersebut lalu bertanya kepada kita “mau kemana?” lalu menjawab “mau ke
kampus”.
2. Apabila
ada seseorang yang memanggil nama anda sambil melambaikan tangannya pada anda,
anda akan membalasnya dengan sapaan dan melambaikan tangan anda pada orang
tersebut.
3. Ada
seseorang yang menepuk pundak anda sambil menyapa anda dengan kata “hai”, anda
juga akan membalasnya dengan kata “hai”.
Contoh
Negatif
1. Orang
pertama menatap orang kedua dengan tajam, dan orang kedua balik menatap,
menunduk malu, memanglingkan wajah, atau membentak, “apa lihat-lihat! Nantang,
ya!” atau, orang pertama melotot dan orang kedua ketakutan.
2. Orang
yang sedang punya masalah dirumah atau dengan temannya yang dianggap berat saat
dikampus pasti menjadi pendiam dan berubah menjadi sensitive, bila ada
seseorang yang sedikit mengganggunya atau hanya berniat bercanda pasti ia
menanggapinya dengan negatif dan bisa saja menjadi marah-marah tidak jelas.
3. Anda
menyukai seseorang, lalu anda melihat dan memperhatikan wajahnya sambil
senyum-senyum. Ternyata orang tersebut malah menutup wajahnya dengan buku atau
melirik sinis bahkan berteriak “gila yah?” lalu anda kecewa dan bahkan putus
asa.
Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT
BalasHapusMore than 160k women and men are losing weight with a simple and secret "liquids hack" to drop 1-2 lbs every night as they sleep.
It's scientific and it works on everybody.
This is how you can do it yourself:
1) Hold a drinking glass and fill it half the way
2) Then use this weight loss HACK
and you'll be 1-2 lbs lighter the next day!